SOAL PTS B INDONESIA KELAS XI TKJ
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
Perhatikan teks berikut
ini dengan seksama!
Untuk mematikan komputer, Anda dapat mengklik tombol start. Kemudian pilih shutdown. Dengan menekan shutdown, komputer akan mati secara
otomatis. Setelah program komputer hilang, tekanlah tombol power pada layar monitor
dan stabilizer saluran listrik.
Cabutlah steker listrik ke komputer
untuk mengakhiri proses operasi komputer.
1.
Teks di atas merupakan
teks...
a.
Laporan
b.
Eksposisi
c.
Negoisasi
d.
Prosedur
e.
anekdot
Cermatilah
kutipan teks berikut ini!
Pelaksanaan
pengujian UKBI dapat bekerja sama dengan lembaga atau perguruan tinggi yang
ditentukan atau yang ingin mengadakan uji UKBI. UKBI diharapkan dapat
meningkatkan kualitas bahasa Indonesia serta penggunaan dan pengajarannya.
Selain itu, UKBI juga diharapkan dapat memupuk sikap positif dan rasa bangga
masyarakat Indonesia terhadap bahasanya.
2.
Kutipan teks tersebut termasuk kedalam
struktur teks prosedur berupa...
a.
Tujuan
b.
Langkah
c.
Pernyataan umum
d.
Penegasan ulang
e.
Simpulan
Cermatilah kedua kutipan teks
prosedur berikut untuk menjawab soal nomor 3 s.d 6!
Teks
1 |
Ada beberapa hal yang harus
dilakukan jika Anda terkena tilang. Dengan memperhatikan hal tersebut, ketika
melakukan pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi
sesuai dengan peraturan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika
dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas. Pertama, kenali si petugas.
Kedua, pahami kesalahan Anda. Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran. Keempat,
jangan serahkan kendaraan atau STNK begitu saja. Kelima, terima atau tolak
tuduhan. |
Teks
2 |
Ikat rambut biasanya dimanfaatkan oleh
anak perempuan, baik untuk dikucir maupun untuk bando. Ikat rambut yang
dibuat tidak sekadar untuk mengikat, tetapi juga menambah keindahan. Oleh
sebab itu, saat pembuatannya mesti dilakukan dengan kreatif. Untuk dapat membuat ikat rambut, alat dan bahan yang
dibutuhkan adalah pensil, gunting dan tali kur. Adapun langkah pembuatannya yaitu potong
tali kur menjadi dua bagian. Lalu, siapkanlah pensil yang cukup panjang.
Buatlah simpul kepala dengan menggunakan bantuan pensil. Kemudian, buat
simpul datar. Lakukanlah sampai seluruh tali hingga menjadi jalinan simpul.
ikat rambut siap digunakan |
3.
Pebandaingan pola penyajian kedua teks
di atas adalah...
|
Teks 1 |
Teks 2 |
A. |
Diawali dengan
tujuan yang ingin dicapai, yakni menghindari kerugian dan mendapat
sanskisesuai peraturan saat ditilang diikuti dengan langkah-langkahyang harus
dilakukan untuk mencapai tujuan. |
Diawali tujuan
yang memaparkan pengantar mengenai pembuatan ikat rambut diikuti oleh
pemaparan alat dan bahan yang dperlukan serta langkah-langkah yang merupakan
cara pembuatan. |
B. |
Gambaran awal
untuk tujuan sebuah teks terlalu banyak menggunakan kalimat tanya. Sementara
itu, langkah-langkah yang disebutkan masih dapat berpindah posisi. |
Alat dan bahan
yang dikemukakan dalam teks tidak rinci. Sementara itu, langkah-langkah yang
disajikan telah sesuai dengan tujuan, yakni menghasilkan ikat rambut. |
C. |
Ketidakjelasan
tujuan yang ingin dicapai oleh teks sehingga langkah-langkahnya menjadi tidak
konkret untuk dilaksanakan. |
Tujuan yang
ingin dicapai dalam teks dipaparkan dengan jelas sehingga langkah-langkah
yang disajikan runtut dan mudah dipahami. |
D. |
Bagian tujuan
tidak jelas karena tidak menyajikan pernyataan umum sehingga langkah-langkah
yang disajikan tidak padu. |
Pernnyataan
umum berisi tujuan yang ingin dicapai, yakni untuk membuat ikat rambut dan
iikuti dengan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. |
E. |
Penegasan
ulang berisi harapan dan manfaat apabila petunjuk tersebut dijalankan dengan
baik. |
Penegasan
ulang tidak dikemukakan dalam teks, hanya terdiri atas langkah-langkah
membuat ikat rambut. |
4.
Informasi yang diungkapkan dalam Teks 1
adalah...
a.
Pengendara perlu memahmai kesalahannya
dalam berlalu lintas.
b.
Hal pengendara untuk menerima dan
menolak penilangan yang dilakukan polisi.
c.
Hal yang harus diperhatikan ketika
dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas.
d.
Sanksi pelanggaran yang sesuai dengan
peraturan tidak akan merugikan pengendara.
e.
Cara menerima dan menolak tuduhan
kesalahan berlalu lintas.
5.
Makna kata kreatif pada kutipan Teks 2 adalah...
a.
Terpisah dari yang lain
b.
Memiliki kemampuan untuk menciptakan
c.
Berssifat memperkenalkan sesuatu yang
baru
d.
Kegiatan untuk memperoleh pengalaman
baru dari situasi yang baru.
e.
Aktif memperbaharui sesuatu.
Bacalah
kutipan teks berikut ini dengan saksama!
Yakinkan
calon pemberi dana bahwa bekerja sama dalam bentuk pemberian dana dari mereka
adalah tindakan yang sangat berharga dan merupakan infestasi yang baik. Gambarkan secara jelas manfaat yang akan
ditimbulkan atas bantuan mereka. Keuntungan yang lain (jika ada) mestinya juga
harus kita paparkan kepada pemberi dana untuk masa depan. Misalnya, setelah
kegiatan berakhir, apakah masih ada rencaa tindak lanjut yang mungkin
menguntungkan mereka, baik secara sikologis,
sosial, politik, maupun ekonomi.
6.
Kata yang tepat untuk memperbaiki kata
yang bercetak miring adalah..
a. Inpestasi,
psikoligis
b. Investasi,
fisikologis
c. Investasi,
psikologis
d. Investation,
fisikologis
e.
Infestation, psikologis
Bacalah
teks prosedur berikut ini!
(1)
Saat Anda bermaksud mencari peluang
kerja, mulailah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya. (2)
Sering-seringlah membaca koran atau mendengarkan radio, (3) Kedua jenis media
itulah yang kini menjadi corong utama bagi banyak perusahaan dalam merekrut
karyawan baru. (4) Media-media tersebut umunya memuat beragam informasi
lowongan pekerjaan.
7.
Kalimat yang menunjukan penggunaan kata
kerja imperatif pada kutipan tersebut adalah...
a.
(1) dan (2)
b.
(1) dan (3)
c.
(2) dan (3)
d.
(1) dan (4)
e.
(2) dan (4)
Bacalah
teks prosedur berikut ini!
Jika transaksi
selesai, jawablah pertanyaan bahwa Anda selesai bertransaksi sesuai dengan menu
yang tertera di layar. Tunggu sampai keluar kertas bukti transaksi dan ambil.
Pada transaksi penarikan uang, adakalanya mesin ATM tidak mengeluarkan tanda
bukti. Perhatikan saja keterangan yang tertera di layar. Setelah itu, kartu
akan keluar dengan sendirinya. Ambil kartu Anda dan transaksi selesai.
8.
Kutipan teks prosedur termasuk ke dalam
struktur teks prosedur berupa...
a. Tujuan
b. Langkah
c. Pernyataan
umum
d. Penegasan
ulang
e.
Simpulan
Bacalah
kutipan teks berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 9 dan 10!
(1)
Setelah mengisi formulir, Anda akan
dipersilahkan petugas untuk masuk ke ruang sidik jari. (2) Di ruang ini, Anda
harus membuat cap sidik jari sebagai data untuk perumusan sidik jari Aanda. (3)
Selain itu, Anda juga harus menyerahkan pasfoto berwarna sebanyak 1 lembar. (4)
Selesai dari pembuatan sidik jari, Anda akan diberikan kartu rumus sidik jari.
9.
Hal yang dijelaskan dalam teks prosedur
tersebut adalah...
a. Manfaat
sidik jari bagi kehidupan bermasyarakat.
b. Keharusan
bagi WNI untuk membuat cap sidik jari.
c. Kegiatan
yang dilakukan selama berada di ruang sidik jari.
d. Pengambilan
foto untuk keperluan pembbuatan kartu rumus sidik jari.
e. Prosedur
pengisisan formulir kartu rumus sidik jari.
10. Variasi
kalimat yang semakna dengan kalimat nomor 4 adalah...
a. Kartu
rumus sidik jari akan memberi tahu sidik jari Anda.
b. Pembuat
sidik jari akan memberikan kartu rumus sidik jari.
c. Anda
akan menerima kartu rumus sidik jari setelah pembuatan sidik jari selesai.
d. Setelah
pembuatan sidik jari, Anda harus menyerahkan kartu rumus sidik jari kepada
petugas.
e.
Setelah pembuatan sidik jari selesai,
Anda harus menyerahkan kartu rumus sidik jari kepada petugas.
11. Cermati petunjuk kerja berikut!
1) Aktifkan blender hingga buah lumat dan homogen.
2) Masukkan buah dan bahan pelengkapnya ke dalam
blender.
3) Siapkan bahan-bahan untuk membuat jus buah.
4) Hidangkan dengan dilengkapi garnis.
5)
Tuangkan ke dalam gelas jus.
Urutan petunjuk kerja yang tepat adalah ….
a. 1-2-3-4-5
b. 5-4-3-2-1
c.
3-2-1-5-4
d.
1-3-2-4-5
e.
2-4-1-3-5
12.
Dua minggu lalu, sekitar 200-an perempuan berkumpul di sekitar hotel terkenal.
Mereka mengenakan “busana nasional”yang umumnya berupa kain sarung dari
berbagai daerah dengan kebaya beragam bentuk. Begitu banyak perempuan berkumpul
untuk memeriahkan hari jadi sebuah perkumpulan yang mendedikasikan kegiatan
mereka untuk mempromosikan busana nusantara Inti paragraf diatas adalah….
a. Mereka
berkumpul di hotel untuk peragaan busana nasional.
b. Mereka
berkumpul untuk mengadakan promosi pakaian daerah.
C Mereka
berkumpul dalam rangka ulang tahun organisasi.
d. Mereka
berkumpul untuk menghadiri promosi mode busana nasional.
e. Mereka
berkumpul untuk saling bersilaturahmi.
Simaklah wacana berikut dengan saksama! (untuk soal 13-16)
Yakinlah
bahwa kalian telah mengenakan pakaian dengan rapi atau mengenakan pakaian
sesuai dengan isi puisi yang akan kalian baca.Berdirilah dengan tegak dan
tenang di atas pentas sebelum kalian memulai membaca.Kuasailah pentas dan
penonton dengan mengarahkan pandangan ke segala penjuru sambil memberikan
penghomatan kepada mereka dengan cara menganggukkan kepala.
13. Kutipan teks tersebut terdapat
struktur..
a. Latar belakang
b.Tujuan
c. Langkah-langkah
d. Kesimpulan
e. Saran-saran
14. Penanda kebahasaan yang berupa partisipan dalam
wacana tersebut adalah …
a. Kalian, mereka,
membaca
b. Kalian, penonton,
pakaian
c.
Kalian, penonton, pentas
d. Kalian, penonton,
mereka
e. Mereka, kalian,
membaca
15. Tujuan
dalam teks prosedur tersebut adalah …
a. Untuk memahami
cara membaca puisi di atas pentas.
b. Untuk mengetahui
cara membaca puisi dengan baik.
c. Untuk
mengembangkan secara kreatif sebuah puisi.
d. Untuk meningkatkan
potensi membaca puisi di pentas.
e. Untuk mengetahui
teknik membaca puisi di atas pentas.
16. Judul yang relevan dalam teks prosedur yang
terdapat dalam wacana tersebut adalah …
a. Teknik Membaca
Puisi secara Kreatif
b. Teknik Membaca
Puisi secaravEkspresif
c. Teknik Membaca
Puisi Indah di Atas Pentas
d. Teknik Membaca
Puisi di Atas Pentas
e. Teknik Membaca Puisi yang Baik dan Benar
17. Perhatikan
kutipan teks prosedur berikut!
Ingin menanam pohon buah, tetapi tidak memiliki lahan
Anda bisa mencoba sistem tabulapot (tanaman buah dalam pot). Tekniknya cukup
sederhana dan mudah diaplikasikan. Tanaman pun lebih cepat berbuah. Pertama,
siapkan media tanamanya berupa tong atau pot dan isi dengan tanah yang telat
dicampur oleh kompos ….
Jika
teks tersebut Anda ubah menjadi penggalan drama, maka tempat yang tepat untuk
dijadikan latar adalah ….
a. kelas
b. kantin
c. kebun
d. Pasar
e. laboratorium
18.
Kelompok kata kerja imperatif adalah ….
a.
saringan, pemanasan, berhenti
b.
tambahkan, panaskan, ,masukkan
c. mencapai,
berlangsung, menghilangkan
d.
saringan, berlangsung, mencapai
e.
pemanasan, masukkan, mencapai
19. Baca cermat
langkah-langkah pembuatan keripik pisang berikut!
(1)
Perendaman.
(2)
Pemilihan bahan.
(3)
Pengupasan.
(4)
Penggorengan.
(5)
Perajangan/ Pemotongan.
Urutan
langkah yang tepat adalah ….
a.
(1), (2), (3), (5), (4)
b.
(2), (1), (3), (4), (5)
c.
(2), (3), (5), (1), (4)
d.
(5), (1), (2), (3), (4)
e.
(2), (3), (1), (4), (5)
20.
Bacalah pernyataan berikut!
(1)
Memiliki tempat persemaian
(2)
Membuat bedeng persemaian
(3)
Memberi atap tempat persemaian
(4)
Menyemai benih
(5)
Pemeliharaan benih
Bagian
inti dari langkah pembibitan tanaman adalah ….
a.
(1),(2),(5)
b.
(1),(4),(5)
c.
(2),(4),(5)
d.
(2),(3),(5)
e.
(2),(3),(5)
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1. 1. Apakah
peran teks prosedur dalam kehidupan sehari-hari?
2. 2. Bagaimanakah ciri-ciri teks prosedur?
Jelaskan!
Perhatikan teks
dibawah ini!
Cara
Membuat Slime yang Aman
Slime adalah salah satu mainan favorit
anak-anak yang bisa dengan mudah kita beli di toko mainan. Tapi slime juga bisa
kita buat sendiri di rumah dengan cara seperti berikut ini.
Bahan- bahan :
a)
1 botol slime activor yang bisa didapat
di toko-toko terdekat
b)
1 botol cusson baby oil
c)
Pewarna makanan secukupnya
d)
1 botol lem povinal
e)
Sendok dan piring
Cara
membuat :
1)
Campurkan lem povinal dengan pewarna
makanan dalam piring hingga warna merata.
2)
Setelah tercampur dengan merata,
tambahkan slime activator dengan cara menuangkannya sedikit demi sedikit sambil
diaduk hingga campuran membentuk gel dan tidak lengket di piring.
3)
Slime siap digunakan untuk bermain.
3. 3. Analisislah
struktur teks prosedur di atas?
4. 4. Analisislah kebahasaan teks prosedur di
atas?
0 Response to "SOAL PTS B INDONESIA KELAS XI TKJ"
Posting Komentar