CONTOH LKPD DESAIN GRAFIS KURIKULUM MERDEKA PROJECT BASED LEARNING
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DESAIN GRAFIS KURIKULUM MERDEKA MODEL PROJECT BASED LEARNING
Dibawah ini adalah contoh lembar kerja peserta didik (LKD) mata pelejaran Desain Grafis kurikulum merdeka dengan metode project based learning (PJBL) dengan poko bahasan membuat desain gambar vector. Dalam lebar kerja peserta didik (LKPD) ini terdapat kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, alat dan bahan, langkah-langkah kegiatan, tugas serta rubrik penilaian hasil praktik peserta didik.
LKPD MEMBUAT DESAIN GAMBAR VECTOR
3.8.Menerapkan pembuatan
desain berbasis gambar vektor
3.9.Membuat desain berbasis
gambar vektor
3.8.1. Menjelaskan proses pembuatan desain grafis gambar
vector menggunakan aplikasi core draw
3.8.2. Menerapkan pembuatan
desain gambar vektor sesuai
dengan brief
3.8.3. Mampu menganalisis perbedaan gambar vector
dan bitmap dengan jelas
3.9.1. Mampu membuat desain gambar vector sesuai dengan brief
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
1. Melalui tayangan video, Peserta didik dapat menjelaskan
proses pembuatan desain grafis gambar vector secara teratur
2. Melalui tayangan video, Peserta didik mampu Menganalisa perbedaan gambar vector dan
bitmap dengan cara menunjukan gambarnya
3. Melalui tayangan vidio, Peserta
didik dapat menjelaskan tools yang digunakan untuk membuat gambar vector sesuai
kebutuhan
4. Melalui praktikum, peserta didik mampu membuat desain
berbasis gambar vector sesuai dengan brief
Alat dan Bahan yang
digunakan :
1)
Komputer/Laptop/Hp
2)
Jaringan Internet
3)
Pulpen
4)
Kertas A4
1)
Persiapkan alat dan bahan
2)
Gunakan alat dan bahan
sesuai dengan fungsinya
3)
Buatlah desain brief
dengan tema logo secara kelompok
4)
Gambarlah desain logo sesuai dengan
brief secara individu
5)
Siapkan jaringan internet
6)
Upload hasil gambar untuk menampilkan hasil pada link google form
1.
Bentuk kelompok
diskusi setiap kelompok
terdiri dari 3-4 orang kemudian
diskusikan tema logo yang akan dibuat dan dituangkan kedalam brief
2. Gambarkan desain logo
sesuai denang brief, dikerjakan secara individu dengan menggunakan
alat yang tersedia. Contoh logo adalah :
3.
Pilih slah satu logo
terbaik dari setiap kelompoknya lalu presentasikan secara berkelompok.
1)
Lembar Penilaian
Keterampilan
a.
Instrumen Penilaian
Keterampilan (Membuat Desain
logo )
NO |
Kegiatan |
Kriteria Penilaian |
Skor |
Bobot (%) |
1 |
Persiapan |
Jika mampu
mempersiapkan alat dan bahan sesuai prosedur dengan
cepat dan benar. |
5 |
10 |
Jika mampu mempersiapkan alat dan bahan sesuai prosedur dengan
cepat dan kurang
benar. |
4 |
|||
Jika mampu
mempersiapkan alat dan bahan sesuai prosedur dengan
lambat dan benar. |
3 |
|||
Jika mampu mempersiapkan alat dan bahan
sesuai prosedur dengan
lambat dan kurang benar. |
2 |
|||
Jika tidak
mampu mempersiapkan alat dan bahan sesuai prosedur. |
1 |
|||
2 |
Proses |
Jika terampil dalam
melakukan proses desain sketsa dan logo dengan yakin
dan cepat. |
5 |
50 |
Jika terampil dalam
melakukan proses desain sketsa dan logo
dengan yakin dan lambat. |
4 |
|||
Jika terampil dalam melakukan proses desain sketsa dan logo cepat
namun banyak bertanya. |
3 |
|||
Jika terampil dalam melakukan proses
desain sketsa dan logo
dengan ragu-ragu. |
2 |
|||
|
|
Jika tidak terampil dalam melakukan proses
desain sketsa dan logo. |
1 |
|
3 |
Hasil Projek |
Jika mampu menyelesaikan produk
dalam waktu yang
sudah ditentukan dan pekerjaannya sangat baik dan sesuai
prinsip / teori
desain. |
5 |
30 |
Jika mampu menyelesaikan produk dalam waktu yang sudah ditentukan dan
pekerjaanya baik dan sesuai prinsip
/ teori desain. |
4 |
|||
Jika mampu menyelesaikan produk
dengan watu tambahan dan pekerjaanya baik
dan kurang sesuai prinsip / teori desain. |
3 |
|||
Jika mampu menyelesaikan produk
dengan waktu tambahan dan pekerjaanya kurang baik
dan kurang sesuai
prinsip / teori
desain. |
2 |
|||
Jika tidak mampu mengerjakan produk dengan waktu
yang sudah ditentukan dan tidak sesuai prinsip / teori desain. |
1 |
|||
4 |
Presentasi |
Menunjukkan penguasaan materi presentasi dengan sangat baik |
5 |
10 |
Menunjukkan penguasaan materi presentasi dengan baik |
4 |
|||
Menunjukkan penguasaan materi
presentasi dengan cukup
baik |
3 |
|||
Menunjukkan penguasaan materi
presentasi dengan sangat kurang
baik |
2 |
|||
Tidak dapat mempresentasikan project yang dibuat. |
1 |
|||
NILAI KETERAMPILAN SISWA (Persiapan + Proses + Hasil + Presentasi) |
100 |
b. Rubrik Penilaian Keterampilan
No. |
Nama |
Nilai |
Jumlah Skor |
|||
Persiapan 10% |
Proses 50% |
Hasil 30% |
Presentasi 10% |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
2)
Pedoman Penilaian
Skor maksimal = 5
Nilai Persiapan |
= |
Skor yang diperoleh Skor maksimal |
x 100 |
Nilai Proses |
= |
Skor yang diperoleh Skor maksimal |
x 100 |
Nilai Hasil |
= |
Skor yang diperoleh Skor maksimal |
x 100 |

Nilai Keterampilan
= Nilai Persiapan + Nilai Proses + Nilai Hasil
H.
PERTANYAAN PENGARAH
a)
Apakah siswa sudah mampu
menjelaskan cara membuat
gambar vector?
b) Apakah siswa sudah mampu membuat gambar vector?
Buatlah kesimpulan dari materi gambar vector yang telah dipelajari dan yang telah dikerjakan.
Itulah contoh lkpd desain grafis kurikulum merdeka model project based learning yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat dan dapat membantu aktifitas bapak/ibu dalam kegiatan mengajar di sekolah masing-masing.
0 Response to "CONTOH LKPD DESAIN GRAFIS KURIKULUM MERDEKA PROJECT BASED LEARNING"
Posting Komentar