CONTOH RPP DESAIN GRAFIS MODEL PJBL
contoh RPP desain grafis model PJBL |
Dibawah ini adalah contoh RPP Desain Grafis dengan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Artikel ini juga dilengkapi dengan contoh soal dan kisi kisi nya. jadi tunggu apalagi silahkan langsung disimak artikelnya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK SATYA
MANDALA
Program
Keahlian : Teknik Komputer Jaringan
Mata
Pelajaran : Dasar
Desain Grafis
Kelas/
Semester : X/ II ( Dua )
Tahun Pelajaran : 2023/ 2024
Durasi : 1 Pertemuan (3 Jam x 45 Menit)
A.
Kompetensi Inti
KI-3 (Pengetahuan) :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar Desain Grafis. Pada tingkat
teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi
diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat
nasional, regional, dan internasional.. |
KI-4 (Keterampilan) :
|
Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Dasar
Desain Grafis. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan
kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung. Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung. |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Pengetahuan 3.8. Menjelaskan cara
pembuatan desain gambar vektor Keterampilan 3.9. Membuat desain
berbasis gambar vektor |
Pengetahuan 3.8.1.
Menjelaskan proses pembuatan desain gambar
vector Menggunakan Aplikasi Corel Draw 3.8.2.
Menerapkan cara pembuatan desain gambar
vector sesuai dengan brief 3.8.3.
Mampu menganalisis perbedaan gambar vector
dan bitmap dengan jelas Keterampilan 3.9.1.
Mampu membuat desain gambar vektor sesuai
dengan brief |
C.
Tujuan Pembelajaran
KD. 3.8 Pengetahuan |
1. Melalui tayangan video, Peserta
didik dapat menjelaskan proses pembuatan desain grafis gambar vector secara
teratur 2. Melalui tayangan video, Peserta
didik mampu Menganalisa perbedaan
gambar vector dan bitmap dengan cara menunjukan gambarnya 3. Melalui tayangan vidio, Peserta
didik dapat menjelaskan tools yang digunakan untuk membuat gambar vector
sesuai kebutuhan |
KD. 3.9 Keterampilan |
1. Melalui praktikum, peserta didik
mampu membuat desain berbasis gambar vector sesuai dengan brief |
D.
Materi Pembelajaran
Membuat desain gambar vektor
E.
Pendekatan, Metode dan Model
Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode : Diskusi, Tanya Jawab, Demontrasi, Praktek dan Penugasan
3. Model : Project Based
Learning
F.
Alat dan Media Pembelajaran
1
Vidio Pembelajaran.
2
Google Sites.
3
Handphone / Komputer
4
LKPD
G.
Sumber Belajar
1.
Google
Sites
2.
Internet
H.
Langkah Pembelajaran
Tahap pemebelajaran |
Sintaks Model
Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Waktu (Menit) |
|
Pendahuluan |
|
1. Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran |
10 menit |
|
2. Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin |
|
|||
3. Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. |
||||
4. Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. |
||||
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran
pada pertemuan yang berlangsung |
||||
6. Mengaitkan materi pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan Materi
sebelumnya, |
||||
7. Guru menyampaikan tatacara sistem
penilaian dalam belajar. |
||||
Inti |
Pertanyaan Mendasar |
1.
Guru
memberi instruksi kepada siswa untuk membuka link media pembelajaran google
sistes https://bit.ly/perangkatpembelajarandg melalui komputer atau handphone. |
115 menit |
|
2. Guru memberi instruksi kepada
siswa untuk menampilkan tayangan video tentang pembuatan karya desain gambar
vektor |
||||
3. Siswa mengamati dan memahami
tayangan tentang pembuatan desain berbasis gambar vektor |
|
|||
4.
Guru
menanyakan maksud dari tayangan tentang
pembuatan desain berbasis gambar vektor |
|
|||
Mendesain Perencanaan Produk |
|
|||
1.
Guru
member instruksi kepada siswa untuk membuka LKPD pada link https://bit.ly/perangkatpembelajarandg 2.
Guru
memfasilitasi peserta didik untuk memilih satu project yang harus dipilih
dan di diskusikan secara berkelompok lalu di buat oleh masing masing peserta
dan diselesaikan dengan tepat waktu. |
|
|||
Menyusun Jadwal Pembuatan |
1.
Guru
dan peserta didik membuat kesepakatan tentang jadwal pembuatan proyek yang
akan dihasilkan |
|
||
Membimbing Penyelidikan masalah |
1.
Guru menanyakan kepada siswa tentang apa yang
telah dan belum difahami dari tugas project yang dipilih |
|
||
2.
Guru mendorong siswa untuk membuat project berdasarkan
referensi yang dimiliki. |
||||
|
3.
Guru
memantau siswa yang sedang mengerjakan project dan berkeliling untuk
membantu siswa yang mengalami kesulitan saat pembuatan project |
|||
Mengembangkan dan menyajikan
hasil |
1.
Guru membantu siswa dalam menyiapkan
presentasi dari hasil project yang telah dibuat menggunakan hanphone |
|||
2. Guru meminta siswa
untuk mengumpulkan hasil karya desain melalui google form |
||||
Menarik kesimpulan |
1.
Siswa menyajikan dalam bentuk hasil project desain
berbasis gambar vektor melalui hanphone |
|||
2.
Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi
kelompok mengenai hasil desain berbasis gambar vektor |
||||
3.
Siswa menerima tanggapan dari siswa lain dan guru |
||||
4.
Siswa menyimpulkan materi tentang pembuatan desain berbasis gambar vektor |
||||
Penutup |
|
1. Guru menyimpulkan pelajaran yang
sudah dibahas |
10 menit |
|
2. Guru melaksanakan penilaian
pengetahuan melalui tes online Pilihan ganda melalui google form https://forms.gle/3a66EaN5wTepfBjEA dan
melakukan evaluasi berupa survey pembelajaran melaui google form https://forms.gle/wkeJDhJpjsY4kbQP7 |
|
|||
3. Guru memberikan tugas untuk
pertemuan selanjutnya. |
|
|||
4. Siswa melakukan pembersihan peralatan,
media dan ruangan. |
|
|||
5. Guru mengarahkan siswa untuk
berdo’a sebelum selesai pembelajaran. |
|
I.
Penilaian Pembelajaran
a. Teknik : Non Test dan Test
b. Bentuk :
·
Penilaian pengetahuan
Tes Tulis :
1. Pilihan ganda
·
Penilaian keterampilan
1. Proyek
2. Produk
3. Rubrik penilaian
Disahkan Oleh Cirebon, 04 Nopember 2023
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
............................................. ............................................
NIP. NIP.
PENILAIAN
PENGETAHUAN
KISI-KISI SOAL : PILIHAN GANDA
Kompetensi Dasar |
IPK |
Indikator Soal |
Nomor Soal |
Menjelaskan cara pembuatan desain gambar vektor |
Menjelaskan proses pembuatan
desain gambar vector menggunakan aplikasi coreldraw |
1. SIswa
mampu menjelaskan aplikasi yang digunakan untuk membuat desain gambar vector 2. Siswa
mampu menjelaskan proses pembuatan desain gambar vector menggunakan aplikasi
corel draw |
1 PG 2 PG |
Menerapkan cara
pembuatan desain gambar vector sesuai dengan brief |
1. Siswa
mampu menyebutkan pengertian desain brief 2. Siswa
mampu menjelaskan tools untuk membuat desain vector |
3 PG 4 PG |
|
Mampu menganalisis
perbedaan gambar vector dan bitmap dengan jelas |
1.
Siswa mampu membedakan antara gambar vector dengan
bitmap |
5 PG |
No |
Soal |
Kunci Jawaban |
Skor |
1 |
Aplikasi
yang digunakan untuk membuat gambar vector |
a.
Fotoshop b.
Microsoft Word c.
Microsoft Powerpoint d.
Corel Draw e.
Adobe Premiere |
20 |
2 |
Berikut
adalah langkah untuk membuat desain vector menggunakan aplikasi corel draw |
a. Klik file – New –
Layout - oke b. Klik Open – New –
oke c. Klik save – new –
oke d. Klik export – new –
oke e. Klik save as – new -
oke |
20 |
3 |
APa yang
dimaksud dengan desain brief |
a.
panduan tertulis
untuk sebuah proyek desain yang dikembangkan bersama oleh desainer dan pihak
ketiga b.
Cara pembuatan
desain vector c.
Gambaran rancangan
projek d.
Rencana projeck
desain e.
Alur projek desain |
20 |
4 |
Dibawah ini adalah tools yang
digunakan untuk membuat desain vector, kecuali |
a.
Freehand Tools b.
Shape Tools c.
Rectangle Tools d.
Outline Pen e.
Copy Paste |
20 |
5 |
Dibawah ini adalah perbedaan
gambar vector dan bitmap, kecuali |
a.
Gambar bitmap tersusun dari pixel,
Gambar vector Tersusun dari obyek geometris yang dibuat
berdasarkan perhitungan matematis b.
Gambar bitmap Bersifat resolution dependent, Gambar Vector
Bersifat resolution independent c.
Gambar Bitmap Jika
diperbesar, hasil gambarnya akan blur, pecah, atau rusak,
Gambar Vector Jika diperbesar, hasil gambar
akan tetap bagus atau tidak pecah d.
Gambar Bitmap Format penyimpanannya: PSD, TIF, JPEG GIF, dan BMP,
Gambar Vector Format penyimpanannya: AI, CDR, FH, dan EPS e.
Gambar Bitmap
Kualitas grafis tidak bergantung pada jumlah piksel, Gambar Vector Kualitas
grafis bergantung pada jumlah piksel. |
20 |
KRITERIA
PENILAIAN
Jumlah skor maksimal = 100
Nilai = Skor perolehan X 100
Sekor
Maksimal
0 Response to "CONTOH RPP DESAIN GRAFIS MODEL PJBL "
Posting Komentar